yunias19ocean.blogspot.com

Ya'ahowu. Selamat Datang di NdiLo Blog___yunias19ocean.blogspot.com

Jumat, 28 Januari 2011

“BUDIDAYA IKAN HIAS AIR TAWAR IKAN MOLLY (POELICIA LATIPINNA SAILFIN MOLLY)”




“BUDIDAYA IKAN HIAS AIR TAWAR
IKAN MOLLY (POELICIA LATIPINNA SAILFIN MOLLY)”

Oleh :
YUNIAS DAO
NPM 08. 00. 001


PENDAHULUAN
Ikan hias cukup dikenal oleh masyarakat sebagai hiasan aquarium. Perkembangan ikan hias di Indonesia mengalami kemajuan yang terus meningkat, terutama ikan hias air tawar asli Indonesia. Dari sekian banyak jenis Ikan hias, tidak semuanya telah dapat dibudidayakan. Dalam menternakkan ikan hias harus diperhatikan bahwa masing-masing jenis mempunyai sifat dan kebiasaan hidup yang berbeda-beda, misalnya dalam cara pemijahan, bertelur ataupun menyusun sarangnya.
Ikan Molly (Poelicia latipinna Sailfin molly) adalah salah satu komoditi ikan hias air tawar di Indonesia. Ikan Molly termasuk dalam jenis ikan “live brearer” (melahirkan). Ikan ini bersifat omnivore. Ukuran tubuhnya relatif cukup besar, maksimal sekitar 12 cm. Hingga kini sudah banyak varietas yang beredar di pasaran dengan warna dan bentuk tubuh yang beragam akibat persilangan dan mutasi. Molly balon, misalnya, yang bertubuh seperti bola akan tampak sangat bagus seperti maskoki mini bila ukurannya sudah besar.

CIRI-CIRI INDUK JANTAN DAN BETINA
Induk Jantan
1. Mempunyai gonopodium (berupa tonjolan dibelakang sirip perut) yang
merupakan modifikasi sirip anal yang berupa menjadi sirip yang panjang.
2. Tubuhnya ramping
3. Warnanya lebih cerah
4. Sirip punggung lebih panjang
5. kepalanya agak besar

Induk Betina
1. Dibelakang sirip perut tidak ada gonopodium, tetapi berupa sirip halus.
2. Tubuhnya gemuk
3. Warnanya kurang cerah
4. Sirip punggung biasa
5. kepalanya Agak runcing

TEKNIK PEMIJAHAN
1. Pilihlah induk yang berukuran relatif besar, bentuk tubuh yang mengembung serta mempunyai warna yang indah
2. Induk-induk yang telah dipilih dimasukkan dalam satu bak untuk beberapa pasang induk. Namun apabila menghendaki keturunan tertentu dapat pula dilakukan dengan cara memisahkan dalam bak tersendiri sepasangsepasang
3. Bak-bak pemijahan harus dikontrol setiap hari. Setelah lahir, anak-anak ikan harus cepat-cepat diambil dan dipisahkan dari induknya agar tidak dimakan oleh induknya.

PERAWATAN BENIH
1. Anak-anak ikan yang baru lahir belum membutuhkan makanan, karena masih mengandung kuning telur (yolk egg). Setelah 4 ~ 5 hari anak ikan baru dapat diberi makanan berupa kutu air yang sudah disaring, atau kuning telur yang telah direbus dan dihancurkan.
2. Setelah mencapai ukuran medium (2 ~ 3 cm) dapat diberikan makanan cacing, kemudian setelah mencapai ukuran dewasa (5 ~ 7 cm) dapat diberi makanan cuk.
3. Disamping makanan alami dapat pula diberi makanan tambahan berupa cacing kering, agar-agar dll.
4. Pemberian makanan sebaiknya 2 kali sehari, hendaknya jangan berlebihan, karena dapat menyebabkan pembusukan yang dapat meerusak kualitas air.
5. Pergantian air. Air dalam bak atau aquarium jangan sampai kotor/keruh, karena dapat menyebabkan kematian anak ikan. Kotoran dapat dibersihkan setiap 2 ~ 3 hari sekali dengan cara disiphon, air yang terbuang pada waktu penyiphonan sebanyak 10 ~20% dapat diganti dengan air yang baru.

47 komentar:

  1. saya jg lg mengembang biakkan ikan black molly dan koral,ada nggak ya yg mau menampung hasil ternak ikan saya tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang posisi dimana gan?
      harga berapaan?

      Hapus
    2. wah mantab kali yach,... mau belajar juga lah,
      BY"http://vissmoi.blogspot.com/

      Hapus
  2. maaf ka,.kalo untuk ukuran kolam 1x1 komposisi betina sama jantan berapa ya?
    saya mau mulai mencoba..bisa minta saran tidak?

    BalasHapus
  3. mas mw tanya .kalo ciri2 ikan moly mau bertelur gmn.

    BalasHapus
  4. Induk-induk yang telah dipilih dimasukkan dalam satu bak untuk beberapa pasang induk. Namun apabila menghendaki keturunan tertentu dapat pula dilakukan dengan cara memisahkan dalam bak tersendiri sepasangsepasang

    BalasHapus
  5. allow geng.... salam kenal.. punya indukan molly selain yang berwarna hitam nga?

    BalasHapus
  6. slam jnaljuga,... maaf bnget indukannya gak ada,kita cuma bisa bantu untuk konsultasi,...

    BalasHapus
  7. aku juga ternak ikan black molly lumayan sich buat persiadaan makanan arwarna......
    biar gk usah beli pakan...............

    BalasHapus
  8. hallo mas.. saya punya aquarium, tapi ikan molly ini koq menyerang ikan lain (neon dan guppy) ya? buntutnya jadi pada buntung gitu

    BalasHapus
  9. coba dipisahkan dulu mas, trus coba seimbangkan jumlah ikannya klo mmg mau digabung

    BalasHapus
  10. tanda2 ikan mau ngelahirin gimana? soalnya q juga melihara, indukane perute dah gendut, esok harinya dah kempes, lum sempet misah anaknya (anak yang baru lahir aja kagak tahu kayak gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya tandanya perutnya besar dan berwarna kehitam2an menjelang hari lahir biasanya mata anak ikannya kelihatan di perut induknya...

      Hapus
  11. saya punya molly warna orange, hitam, putih, dan marble, gan.

    BalasHapus
  12. saya sekarang punya molly dengan 5 warna ditubuhnya yaitu merah,kuning,hitam,oranye dan putih...setelah experiment 3 tahun kira-kira berapa harga dipasar ya ??

    BalasHapus
  13. kalo ga dipisahin antara anak dan induknya apa pasti dimakan?soalnya saya campur banyak ikan moly,tau2 udah branak...aquariumnya juga full hiasan dan koral.misahinnya susah mas.kalo dikuras takut anaakannya mati..tolong saran nya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah melahirkan gak usah di pisah juga gak apa apa.
      yang dikurang airnya sampai sepertiga aja jadi gak sampai habis airnya, n waktu ngisi air jangan sekaligus, tapi sedikit2 jadi ikannya gak kaget pas ngisi

      Hapus
  14. slam kenal mas,Anakan Molly Fish yg baru umur 3 hari beserta induknya tdi klau langsung dibwa naek mobil kira2 5 jam msih bertahan dak y??? gmna cara nya biar dy selamat sampai tujuan???

    BalasHapus
  15. Salam kenal,mas gmna ya cara nya biar Baby Molly yg umurnya baru 3 hari beserta induknya td selamat smpai tujuan dalam nempuh perjalanan di dlam mobil -/+ 6 jam???

    BalasHapus
  16. salam kenal mas tempat saya ada anakan black molly ukuran 0,5-1cm.alamat Yogyakarta tepatnya daerah prambanan.hub 087734712568

    BalasHapus
  17. Hai mas bro,gimana ya caranya supaya molly bisa cepat berkembang biak,aku pelihara udah cukup lama,tapi koq gak ada anaknya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. laki semua kali om... dulu saya punya moli sepasang,,, beranaknya cepet...

      Hapus
  18. Hai mas bro,gimana ya caranya supaya molly cepat berkembang biak

    BalasHapus
  19. kalo di bak semen...dasar baknya mesti gimana supaya perkembangbiakanya cepat

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk di bak semen usahakan sisi bak telah tumbuh lumut. supaya cepat besar dan mudah berkembang.

      Hapus
  20. Gan, kok anak ikan mollyku tidur terus sih di dasar aquarium, ga gerak sama sekali, mati gal sih itu? Padahal baru lahir T_T

    BalasHapus
  21. gan,q pny indukan molly marbel telon/3warna mrh,htm,pth -+1000an betina 200san jantan kenapa anakanya cenderung brwrna putih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan gen keturunannya belum jadi, jadi anakanya sama dg awalnya. jadi itu membutuhkan waktu lama jika ada gen atau jenis baru.

      Hapus
  22. sepintas kaya ikan mas koki yah. gendut2 gitu. hehee

    BalasHapus
  23. Q ada Molly juga,black molly balon, udh sekitar 6 bulan kok perkmbngnnya g cepet ya? kecil gitu,dkasih mkan udng kering kecil2 sehri sekali pdhl,, T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau coba balas :)...Udang kering banyak mengandung abu ... jelas lama besarnya ... coba beri pakan yang banyak mengandung protein , Contoh nya cacing Tubifex / cacing sutra .

      Hapus
  24. Info yang sangat bermanfaat. Terima kasih

    BalasHapus
  25. thks bro buat info nya ...kita lg mau coba ternak ni posisi di mana bro

    BalasHapus
  26. allow breew,,lam kenal,, klw anak ikan yng bru lahir disatukan dengan jantannya ,kira" masih dikanibal gx yaa,,triims

    BalasHapus
  27. untuk pemesanan ikan KORAL DAN GAPY
    perekor Rp 500.
    hubungi : 089601793003
    alamat : jatijajar 2 cimanggis depok,

    BalasHapus
  28. untuk pemesanan ikan KORAL DAN GAPY
    perekor Rp 500.
    hubungi : 089601793003
    alamat : jatijajar 2 cimanggis depok,

    BalasHapus
  29. Salm buat semua aku punya molly balon yg setiap 3minggu se x melahirkan gampang ko merawat molly balon yg penting sepasang pasti sekarang black molly lu sedang melahirkan jd hrs ditungguin klw ga nanti dimakan.sama indukya

    BalasHapus
  30. Salm buat semua aku punya molly balon yg setiap 3minggu se x melahirkan gampang ko merawat molly balon yg penting sepasang pasti sekarang black molly lu sedang melahirkan jd hrs ditungguin klw ga nanti dimakan.sama indukya

    BalasHapus
  31. allow mas brow,, mw tanya dunk,, kira" butuh brapa hari proses perkawinan s/d melahirkan,,??? thanks atas infonya,,,

    BalasHapus
  32. thanks atas infonya mas broow

    BalasHapus
  33. bisa tanya nggak cara membuat molly cepat beranak ?

    BalasHapus
  34. dody gais_lombok28 Juni 2013 08.29

    Mau tanya gan,makanan apa yang cocok untuk molly usia 0-1 bulan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau beli ikan hias molly di mana ?mohon indformainya

      Hapus
  35. ada minat budidaya ikan hias molly dimana beli bibit tsb minta alamatnya

    BalasHapus
  36. Mau beli bibit ikan molly dimana ? mohon informainya terima kasih

    BalasHapus
  37. mohon dong info kontak email peternak molly

    BalasHapus